Cara Merawat AC Yang Baik Dan Benar

Cara Merawat AC Yang Baik Dan Benar

Cara Merawat AC

Menyerahkan cara merawat AC kepada teknisi dilakukan beberapa orang untuk mendapatkan pelayanan terbaik. Di sisi lain, Anda juga perlu mengeluarkan biaya yang tak sedikit, terutama kalau AC mengalami kerusakan parah. Sementara pemeliharan perangkat elektronik sebenarnya dapat dilakukan secara mandiri selama mengikuti prosedur dari vendor dengan baik.

Selain tak membutuhkan dana besar, perawatan AC sendiri membantu Anda mengetahui kondisi komponen secara berkala. Kira-kira, cara apa saja yang bisa Anda aplikasikan terhadap AC supaya performanya terjaga?

  1. Prioritaskan pembersihan filter

Salah satu ciri AC yang sudah kotor adalah mengeluarkan udara yang tak sedingin biasanya. Masalah ini umumnya bersumber pada filter yang jarang dibersihkan. Dalam cara merawat AC ini, Anda dapat melepas dan memasangkan kembali filter supaya tumpukan kotoran tak mengurangi kinerja perangkat. Anda bisa memakai air dan sikat gigi bersih untuk membersihkan filter. Waktu ideal untuk melakukannya adalah satu atau dua bulan sekali.

  1. Memasang termometer ruangan

Memantau performa AC setiap hari adalah langkah yang dapat membantu Anda mengenali gejala kerusakan. Dalam hal ini, termometer ruangan akan mendeteksi suhu udara yang keluar dari AC untuk kemudian disesuaikan dengan suhu yang Anda atur lewat remote. Jika selisihnya cukup jauh, periksa dulu kondisi di ruangan saat terisi dan kosong. Anda dapat memanggil teknisi untuk melakukan cara merawat AC saat kontras temperaturnya terlampau jauh.

  1. Tutup pintu, jendela, dan ventilasi saat AC menyala

Apa Anda masih suka membuka jendela atau pintu saat menyalakan AC? Ternyata kebiasaan tersebut hanya akan meningkatkan kerja kompresor dalam perangkat. Dalam jangka waktu lama, komponen ini berpotensi mengalami kerusakan pada AC. Oleh karena itu, untuk meringankan beban kompresor, biasakan untuk menutup pintu, jendela, maupun ventilasi. Dengan begitu, suhu dalam ruangan juga tetap terjaga.

  1. Rutin memeriksa tekanan freon

Freon merupakan bahan pendukung yang menentukan suhu dingin AC. Tekanan freon cenderung berkurang apabila kebocoran terjadi. Untuk cara merawat AC kali ini, rutin memeriksa tekanan freon dapat membantu Anda mengetahui kondisinya. Namun, berbeda dari beberapa cara sebelumnya, pemeriksaan kali ini memerlukan bantuan teknisi, kecuali Anda berpengalaman menangani AC dan bisa menambah freon sendiri.

  1. Memanfaatkan fitur timer pada AC

Fitur timer pada AC dapat Anda manfaatkan untuk pemeliharaan. Timer membantu Anda untuk mengatur waktu operasional AC, misalnya selama dua jam sebelum mati secara otomatis. Dengan timer, Anda tak perlu cemas lupa mematikan AC, salah satu faktor penyebab pada perangkat tersebut. Selain itu, menggunakan timer AC secara tak langsung mengurangi beban kerjanya selama beberapa jam.

  1. Jangan nekat merokok di ruangan ber-AC

Cara merawat AC terakhir adalah tak merokok dalam ruangan ber-AC. Asap rokok berisiko mengotori bagian dalam perangkat dan membuat bodi luarnya menguning. Nikotin yang dibawa asap rokok pun dapat mengendap dalam evaporator, sehingga udara dari AC malah akan kurang dingin atau pengap. Kalaupun Anda tak punya opsi alternatif, sebaiknya matikan dulu AC dan buka pintu atau jendela agar asap rokok tak berputar dalam ruangan.

Perhatikan juga durasi Anda menggunakan AC di rumah atau kantor. Waktu ideal pemakaian perangkat elektronik ini adalah lima jam, setelah itu istirahatkan sejenak. Pakai timer apabila Anda tak akan ada di dalam ruangan dalam jangka waktu tersebut.

FAMILY AC

Jalan Swadaya 2 No.36 Jatimulya
Tambun Selatan, Bekasi
Jawa Barat 17510
Indonesia