Jenis Jenis Ac Dan Penggunaannya

Jenis Jenis Ac Dan Penggunaannya

AC adalah benda yang menjadi kebutuhan semua orang karena jenis AC yang beragam. Jika dulunya AC dianggap benda mahal dan hanya bisa digunakan di bangunan ternama. Layaknya hotel, gedung perkantoran, hingga rumah mewah kini telah digunakan di hampir setiap rumah. Hal ini dikarenakan fungsi AC yang tak bisa digantikan.

Berbicara AC pastinya ada beragam jenis yang disediakan. Pemilihan jenis ini tak bisa dilakukan asal karena salah dalam memilih dapat mengakibatkan pembengkakan listrik dan kerugian yang Anda terima. Sehingga sebelum membeli harus diketahui secara pasti bagaimana jenis beserta dengan penggunaannya berikut ulasannya.

AC Split

Jenis AC pertama yang paling mudah ditemukan di Indonesia adalah AC split. Jenis ini sangat sederhana karena terdiri atas dua buah komponen saja. Komponen yang pertama adalah bagian pendingin yang berada di dalam ruangan serta bagian pembuang panas yang diletakkan di luar ruangan.

AC ini membutuhkan lubang dalam instalasinya. Hal tersebut biasanya membuat banyak orang tak menyukai jenis split. Pasalnya, dapat mengurangi estetika dalam sebuah bangunan. Sehingga, jika akan membeli jenis split harus diketahui secara detail apa saja kelebihan dan kekurangan jenis ini.

Kelebihan Dan Kekurangan AC Split

AC split merupakan AC hemat yang memiliki harga paling terjangkau dari jenis lainnya. Sehingga tak heran jika bagiannya sangat sederhana. Jenis AC ini juga terbilang mudah dalam sistem perawatan karena setiap orang dapat melakukan pembersihan secara mandiri tak perlu mengeluarkan biaya servis yang mahal.

Penggunaan AC split jarang ditemukan di ruangan yang luas dikarenakan daya listrik yang terlalu boros dalam pemakaiannya. Khususnya jika Anda sering mematikan dan menghidupkan kembali AC ini maka tunggakan listrik akan membengkak drastis. Selain itu, bentuknya juga dipandang kurang dari segi tampilan dan estetikanya. Sehingga, pikir ulang terlebih dahulu jika akan menggunakan jenis split.

AC Window

Jenis AC yang kedua adalah window. Jenis ini adalah keluaran lama yang kini jarang ditemukan. AC ini terkenal akan bentuknya yang kotak dan besar bagaikan jendela. AC ini juga sering dikatakan tidak efisien dalam penggunaan serta boros dalam urusan kelistrikan. Berikut adalah gambaran kelebihan dan kekurangan penggunaan AC window.

Kelebihan Dan Kekurangan AC Window

AC window terbilang menjadi yang paling simpel karena tak memerlukan banyak ruangan saat pemasangan. Namun, pilihan modelnya yang terbatas membuat AC ini kurang diminati. Hal ini terbukti dengan sulitnya mencari jenis windows. Penggunaan AC window akan lebih tepat untuk ruangan yang kecil dan sempit karena tak memakan banyak tempat.

AC Central

Jenis yang selanjutnya adalah AC central. Jenis ini adalah yang paling sering ditemui baik di rumah-rumah, kantor, atau pun di tempat umum seperti mall. AC ini memiliki ukuran besar dan bentuk yang seperti corong di langit-langit. AC ini memiliki mesin utama yang berfungsi untuk mengatur suhu serta sirkulasi udara.

Kelebihan Dan Kekurangan AC Central

AC central terbilang memiliki beberapa kelebihan dari pada jenis AC lain. Dilihat dari segi perawatannya AC central mudah dilakukan sehingga menghemat dana Anda. Selain itu, AC Central juga terbilang memiliki getaran mesin yang halus sehingga tak akan memberikan kebisingan pada setiap aktivitas kerja Anda.

Meskipun penggunanya mudah dan nyaman, namun AC ini terbilang menjadi yang paing mahal diantara lainnya. Tak hanya harga belinya yang mahal, karena biaya operasionalnya juga begitu mengkhawatirkan karena sistem perawatan terjadi untuk satu mesin utama saja. Sehingga jika salah satu bagian mengalami kerusakan maka akan menyebabkan kerusakan di seluruh bagian.

AC Tower Atau Floor Standing

Jenis AC selanjutnya yang umum ditemukan di pasaran adalah AC tower. Jenis ini hampir serupa dengan split yang memiliki ukuran besar. Namun, penggunaannya cukup diletakan di bagian bawah lantai. AC ini cocok digunakan di gedung-gedung besar yang melibatkan banyak orang di dalamnya.

Kelebihan Dan Kekurangan AC Tower

AC tower bisa dibilang merupakan jenis AC yang siap menghemat energi dari pada jenis lainnya. Hal ini adalah kabar gembira karena membuat tagihan listrik berkurang sangat signifikan. Selain itu, AC ini juga mudah dipindahkan sehingga bisa disesuaikan dengan setiap acara yang Anda selenggarakan.

Penggunaan AC tower yang mudah ternyata juga memiliki kekurangan dalam hal kebisingan yang ditimbulkan. Pasalnya, power energi AC sangat kuat sehingga menimbulkan rasa bising. Bentuknya yang besar juga membutuhkan ruangan atau space luas dalam pemasangannya. Sehingga tak bisa digunakan untuk keperluan bangunan yang sempit.

AC Cassette

Jenis selanjutnya yang mudah ditemukan adalah AC cassette. Jenis ini hampir sama dengan AC split dan tower. Namun, memiliki perbedaan dari segi bentuk AC. AC ini biasa digunakan untuk keperluan tempat luas seperti mall, hotel, atau pun gedung-gedung pertemuan yang melibatkan banyak orang.

Kelebihan Dan Kekurangan AC Cassette

AC ini cocok digunakan untuk ruangan yang luas karena mampu menyalurkan hawa dingin secara merata dan optimal. Tak hanya itu saja, AC ini juga memiliki sensor ganda yang mampu memaksimalkan kinerjanya secara menyeluruh. Sehingga meskipun digunakan untuk ruangan yang luas AC tetap dapat memberikan kesegaran secara optimal.

Penggunaan jenis cassette yang memudahkan ternyata sebanding dengan harga beli yang cukup mahal di pasaran. Tak hanya itu saja, perawatan AC ini juga terbilang rumit dan sulit sehingga membutuhkan bantuan jasa service dan perawatan untuk menghasilkan pembersihan yang optimal karena tak bisa dilakukan secara mandiri.

Pemilihan AC harus disesuaikan terlebih dahulu kepada tujuan penggunanya. Pasalnya, setiap AC mempunyai keunggulan dan kekurangan masing-masing. Sehingga carilah jenis yang paling sesuai dengan kebutuhan agar tak membuat AC cepat rusak. Setiap AC juga membutuhkan sistem perawatan AC berkala untuk penggunaan yang optimal dan maksimal di setiap bagian jenis AC.