Jenis Kerusakan AC Yang Sering Terjadi

Jenis Kerusakan AC Yang Sering Terjadi

AC yang tidak berfungsi dengan baik, maka perlu dilakukan pengecekan jenis kerusakan AC terlebih dahulu. Dengan begitu, AC dapat ditangani secara tepat dan efektif. Sebetulnya ada macam-macam penyebab AC menjadi rusak, namun hal yang sering menjadi pemicu AC rusak adalah AC yang tidak dingin dan kebocoran pada AC.

Suhu AC yang tidak dingin serta air yang menetes dari mesin AC merupakan indikator kerusakan AC yang paling mudah dikenali. Kerusakan ini merupakan kerusakan yang paling umum dialami oleh mesin AC. Sebagai pemilik, Anda harus peka untuk mengenali bila kejadian tersebut terjadi. Karena kerusakan ini bila ditangani lebih awal akan lebih baik.

Karena mesin AC terdiri dari banyak komponen yang saling terhubung, maka mesin elektronik ini memang rentan untuk mengalami gangguan. Jenis Kerusakan AC berupa AC tidak dingin serta AC yang bocor dapat diminimalisir dengan cara melakukan pengecekan dan perawatan AC secara berkala. Misalnya dilakukan pembersihan AC secara rutin dapat dilakukan.

Karena terdiri dari banyak komponen, maka bila tidak ditangani dengan segera AC akan mengalami kerusakan lainnya yang mungkin lebih parah. Komponen-komponen yang rusak akan merembet kepada komponen lain sehingga menjadi kompleks. Agar AC Anda dapat berfungsi dengan baik serta lebih berumur panjang, kenali kerusakan-kerusakan yang sering terjadi pada AC.

AC Tidak Dingin

Biasanya jenis kerusakan AC yang tidak dingin ini disebabkan karena AC yang kotor. AC yang kotor dapat membuat saringan udara dan blower menjadi rusak. Kedua komponen ini memiliki fungsi sebagai penyaring udara serta penyejuk ruangan. Bila tertutup debu, kinerjanya akan terganggu. AC yang kotor juga membuat evaporator menjadi tidak berfungsi dengan baik.

Hal kedua yang menyebabkan AC tidak dingin adalah freon yang kurang. Setelah penggunaan dalam jangka waktu tertentu, freon dapat habis. Meskipun AC saat ini sudah didesain dengan mudah untuk dibuka serta ditutup, namun untuk masalah ini Anda tidak dapat menangani sendirian. Untuk pengisian freon, Anda harus menggunakan tenaga profesional.

Jenis kerusakan AC lainnya yang dapat menyebabkan AC tidak dingin adalah thermostat yang rusak. Thermostat berfungsi untuk melakukan pengaturan suhu ruangan secara otomatis. Bila thermostat pada AC rusak, maka pengaturan suhu menjadi tidak sesuai. AC dapat mengeluarkan suhu yang sangat dingin atau bisa jadi tidak dingin sama sekali.

Selain kerusakan pada internal AC, penyebab AC yang tidak dingin dapat terjadi karena kerusakan pada outdoor AC. Outdoor unit yang dimaksud yaitu kompresor, kapasitor, kipas untuk membuang panas, atau juga bisa kerusakan pada relay penyalur listrik yang menghubungkan dengan outdoor yang lain. Kerusakan pada unit-unit tersebut dapat membuat AC menjadi tidak dingin.

Terdapat Kebocoran pada AC

Jenis kerusakan AC yang umumnya terjadi selain tidak dingin adalah terjadi kebocoran. AC yang bocor biasanya disebabkan 2 faktor, yaitu penyumbatan karena kotoran pada selang pembuangan atau terjadi kebocoran pada pipa karena pecah. AC yang bocor perlu diperbaiki dengan segera karena kebocoran AC, dapat mengakibatkan kerusakan komponen AC bagian bawah.

Apabila terjadi penyumbatan pada selang atau saluran, Air AC tidak dapat mengalir ke area pembuangan. Akhirnya terjadi penumpukan air pada penampung di dalam AC. Penampung air di dalam AC memiliki kapasitas terbatas. Karena saluran tersumbat kotoran dan penampung penuh, air tidak dapat mengalir keluar. Air pun mengalir dari AC sehingga terjadi kebocoran.

Jenis kerusakan AC bocor juga dapat disebabkan karena pipa yang pecah atau rusak. Hal ini dapat terjadi apabila perawatan AC dilakukan dengan kasar. Penyebab lainnya yaitu proses pemasangan pipa yang tidak tepat. Pipa yang sudah tua juga rentan pecah. Untuk mengatasi masalah pipa bocor, solusinya adalah dengan cara melakukan penggantian dengan selang yang baru.

Anda harus mengenali berbagai permasalahan AC, supaya dapat memberikan penanganan yang tepat. Namun bisa jadi penyebab kerusakan AC yang dialami ini disebabkan oleh kombinasi faktor-faktor lainnya. Untuk itu, bila tidak dapat melakukan pengecekan pribadi, Anda dapat menggunakan jasa profesional melalui teknisi service AC berpengalaman untuk mengenali jenis kerusakan AC serta mengatasinya dengan tepat.

FAMILY AC

Jalan Swadaya 2 No.36 Jatimulya
Tambun Selatan, Bekasi
Jawa Barat 17510
Indonesia