Memilih AC Hemat Listrik Untuk Rumah

Memilih AC Hemat Listrik Untuk Rumah

Memilih AC Hemat Listrik

Cara memilih AC hemat listrik yang berkualitas sekaligus terjangkau akan membantu Anda mendapatkan perangkat yang diinginkan. Meski AC bukan perangkat yang sulit ditemukan, jangan sampai harga yang dibanderol menurunkan pengawasan Anda terhadap kualitasnya. Pasalnya, masih ada banyak AC murah yang spesifikasinya tak sesuai harapan.

Anda tak mau menyesal hanya karena salah beli AC, bukan? Berikut ini tujuh hal penting yang sebaiknya diperhatikan baik-baik apabila Anda ingin beli AC hemat listrik dengan harga bersahabat.

  1. Sesuaikan ukuran PK dengan luas ruangan

PK atau daya kuda dalam AC menentukan perangkat yang harus Anda beli. Dalam cara memilih AC rumah ini, Anda perlu menyesuaikan ukuran PK dengan luas ruangan. Sebagai contoh, ruangan seluas 10 m2 membutuhkan AC dengan ½ PK, sementara ruangan seluas 36 m2 memerlukan AC dengan 2 PK. Anda bisa tanyakan ini kepada pemilik toko AC supaya tak salah ukuran.

  1. Gunakan jenis AC yang sesuai kebutuhan

AC split adalah jenis AC yang paling direkomendasikan untuk rumah. Kemudian, ada AC casette yang dipasang di langit-langit yang biasanya Anda jumpai di perkantoran. Ada pula AC central dengan kompresor berkekuatan besar yang ditujukan untuk hotel dan mal. Dengan mengenali jenis-jenis AC, Anda tak akan kerepotan dalam pemasangan hingga mengatur pasokan listrik.

  1. Mengetahui cara kerja pada masing-masing AC

Cara memilih AC rumah berikutnya adalah dengan mengenali cara kerjanya. AC standar biasanya membutuhkan watt dalam jumlah rendah. Beda dengan AC inventer yang akan bekerja lebih keras saat dinyalakan, lalu menurun saat temperatur ruangan sudah dingin. Anda yang membutuhkan AC yang waktu pemakaiannya lebih dari enam jam disarankan memakai AC inventer.

  1. Perhatikan merek AC dan reputasinya

Tak dipungkiri bahwa kebanyakan AC yang datang dari produsen ternama selalu memberikan kepuasan maksimal karena kualitasnya sudah terbukti bagus. Anda yang tak mau berlama-lama di toko dan punya bujet besar bisa langsung mengambil AC dari merek besar. Jangan lupa periksa reputasi merek dalam cara memilih AC rumah, terutama kalau Anda beli dari perusahaan baru.

  1. Pilih berdasarkan fitur yang diperlukan

Masing-masing merek AC pasti punya fitur istimewa yang membuat tipe AC tersebut terlihat unggul dibandingkan kompetitornya. Meski kadang terdengar menggiurkan, fitur tersebut bisa saja belum tentu sesuai kebutuhan Anda. Maka dari itu, pastikan fitur-fitur istimewa tadi mampu memenuhi ekspektasi Anda dari sebuah AC rumah.

  1. Pertimbangkan AC berdaya listrik kecil

Salah satu cara memilih AC hemat listrik untuk rumah yang membuat dompet sama-sama ‘adem’ adalah menghitung daya listriknya. AC berdaya listrik kecil tergolong lebih bersahabat untuk bujet Anda, karena performa yang dihasilkan tetap sebaik AC biasa lainnya. Jika memungkinkan, belilah AC yang dapat mati secara otomatis saat suhu ruangan dingin dan menyala lagi apabila temperaturnya naik.

  1. Desain simpel yang mudah dibersihkan

Selain dari segi spesifikasi dan fitur, pertimbangkan juga pemilihan AC dari segi pemeliharaan. Desain simpel cocok bagi Anda yang tak punya waktu banyak untuk membersihkan AC atau kurang terbiasa bongkar-pasang komponen. Kalau Anda terpaksa memakai AC yang desainnya rumit, andalkan teknisi terpercaya untuk menangani pembersihan AC dan pemeliharaan lainnya.

Demikian tujuh cara memilih AC rumah yang dapat Anda jadikan panduan. Semoga Anda dapat menemukan AC yang hemat listrik dan memenuhi kebutuhan di rumah! Jika masih bingung silahkan konsultasikan kebutuhan AC Anda bersama kami Family AC yang melayani Service AC dan Jual Beli AC baru dan bekas.

FAMILY AC

Jalan Swadaya 2 No.36 Jatimulya
Tambun Selatan, Bekasi
Jawa Barat 17510
Indonesia