Pengertian AC, Fungsi, Cara Kerja Dan Komponen

Pengertian AC, Fungsi, Cara Kerja Dan Komponen

Pengertian AC menjadi hal yang sudah diketahui oleh seluruh komponen masyarakat. Pasalnya, kini penggunaan AC telah meluas menjadi kebutuhan dasar semua orang. Jika dulunya AC menjadi barang mahal yang hanya dipasang di hotel, kantor, atau gedung saja kini, AC sudah bisa ditemukan di hampir setiap rumah warga.

FAMILY AC

Jasa Service AC di Bekasi
Jalan Swadaya 2 No.36 Jatimulya
Tambun Selatan
Jawa Barat 17510
Indonesia

Pengertian AC, Fungsi, Cara Kerja Dan Komponen

Penggunaan AC yang semakin meluas dikarenakan faktor cuaca yang semakin hari semakin panas. Sehingga kebutuhannya tak bisa dielakkan lagi. Namun, penggunaannya tak bisa asal pasang di rumah saja karena harus dibekali pengetahuan dasar agar penggunaannya bisa optimal sesuai kebutuhan dan tak berlebihan.

Definisi AC (Air Conditioner)

Pengertian AC yang memiliki kepanjangan air conditioner adalah sebuah teknologi modern yang berfungsi menstabilkan kelembapan udara dan suhu di sebuah ruangan. Mesin ini tak hanya digunakan untuk mendinginkan dan menyejukkan ruangan saja karena bisa digunakan untuk menghangatkan ruangan tergantung kebutuhan pengguna.

AC yang merupakan produk modern ternyata telah ada sejak abad pertengahan. Tepatnya pada saat zaman Romawi Kuno dan bangsa Persia. Willis Haviland Carrier adalah orang yang pertama kali menemukan AC dalam skala besar. Pada saat itu, penggunaannya telah memanfaatkan energi listrik seperti saat ini.

Fungsi AC

Pengertian AC sebagai mesin kesayangan tentunya memiliki fungsi yang tak bisa digantikan mesin lain. Fungsi utama dari AC adalah mengondisikan udara dalam sebuah ruangan untuk memberikan kesejukan, kenyamanan, serta usaha yang sehat. Terdapat tiga hal yang bisa dikondisikan dengan mesin AC berikut ulasannya.

1.      Mengatur Suhu Udara

Seperti Pengertian AC, fungsi utamanya untuk mengatur suhu dalam sebuah ruangan. Anda dapat memilih suhu sesuai yang diinginkan dengan adanya remote control. Biasanya, suhu terendah yang dimiliki AC adalah 18 °C sedangkan suhu tertinggi yang dimilikinya adalah 30°C. Pengaturan suhu mungkin berbeda sesuai dengan kondisi cuaca dan tingkat kenyamanan pengguna.

2.      Mengatur Kelembapan Udara

Fungsi lain AC adalah mengatur kelembapan udara. Pasalnya, sesuai dengan Pengertian AC terdapat hubungan yang erat antara suhu udara dengan kelembapan udara. Pengaturan suhu AC sebaiknya dilakukan di suhu ideal yakni sekitar 24-26 °C. Pasalnya, pengaturan suhu yang terlalu dingin dapat membuat kelembapan sangat tinggi yang menyebabkan kulit menjadi kering.

3.      Membersihkan Udara

Fungsi ketiga yang dilakukan oleh AC adalah membersihkan udara. Pasalnya, mesin AC disertakan dengan sebuah filter yang dapat menyaring kotoran dan debu dalam udara sehingga dihasilkan udara yang bersih dan sehat. Sehingga, filter AC harus dibersihkan dengan rutin untuk membersihkan kotoran sehingga udara bisa dijaga kebersihan dan kesejukannya.

Mekanisme Kerja AC

Cara kerja AC akan sangat berhubungan dengan Pengertian AC. Mesin AC akan terdiri atas dua buah kumparan yang saling berhubungan yakni kumparan kondensator yang berada di luar ruangan dan kumparan evaporator yang berada di dalam ruangan. Dua buah kumparan tersebut berisi refrigeran yang dapat mengalir secara continue.

Prinsip kerja dari AC adalah menjaga kumparan kondensator agar tetap panas yakni lebih panas dari suhu di atmosfer serta tetap menjaga kumparan evaporator agar tetap dingin yakni lebih dingin dari suhu ruang. Refrigeran akan menyerap panas di dalam ruangan serta menghembuskan ke luar ruangan secara terus menerus.

Komponen AC

Pengertian AC yang mengatur kelembapan udara tak akan bisa berjalan tanpa komponen-komponennya. Komponen ini yang terus bergerak menjalankan fungsi AC secara optimal. Secara umum, komponen AC dibagi menjadi 4 bagian yaitu bagian utama, bagian  pendukung, refrigeran, serta bagian kelistrikan.

Komponen Utama

Beberapa komponen utama AC diantaranya terdiri atas kondensator, evaporator, kompresor, serta pipa kapiler. Komponen dalam AC ini berfungsi untuk melakukan pengaturan terhadap suhu udara. Kondensator adalah komponen yang berfungsi untuk menukar panas, menurunkan suhu refrigeran, serta merubah refrigeran dari wujud gas menjadi cair.

Kompresor dalam AC berfungsi untuk memompakan serta mendistribusikan refrigeran ke seluruh jaringan AC. Bisa dikatakan kompresor memiliki cara kerja yang mirip layaknya jantung manusia. Sedangkan evaporator berfungsi untuk mengalirkan panas ke refrigeran serta pipa kapiler berfungsi untuk menurunkan tekanan serta mengatur aliran ke evaporator.

Komponen Pendukung

Pengertian AC untuk dapat menjalankan kerjanya juga harus didukung oleh komponen pendukung. Komponen ini terdiri atas strainer untuk menyaring kotoran di dalam refrigeran, accumulator untuk penampungan cairan refrigeran, serta blower dan fan yang bertugas untuk mengisap udara panas dalam ruangan dan mengalirkan udara segar ke ruangan.

Komponen Kelistrikan

AC yang bekerja dengan listrik pastinya membutuhkan komponen listrik dalam setiap bagiannya. Thermostat adalah bagian kelistrikan yang berfungsi mengatur suhu secara otomatis agar sesuai dengan panel remote. Selain itu, bagian ini juga dilengkapi dengan kapasitor yang digunakan sebagai penyimpanan daya listrik saat AC dinyalakan.

Komponen kelistrikan juga memiliki bagian overload yang digunakan dalam memutuskan aliran AC pada kompresor saat kompresor terganggu, kekurangan oli, atau bahkan mati. Bagian terakhir dari komponen kelistrikan adalah motor listrik. Bagian tersebut berfungsi dalam merubah energi menjadi energi mekanik kipas AC.

Refrigeran

Komponen Refrigeran merupakan zat yang dialirkan dalam AC. Bagian ini berfungsi sebagai pendingin. Refrigeran akan bekerja dengan cara merubah wujud terus menerus antara gas dan cair agar dihasilkan udara yang dingin. Komponen AC adalah komponen yang saling berhubungan dan tak bisa dipisahkan untuk dapat bekerja sesuai fungsinya.

AC yang merupakan sahabat Anda semua harus selalu dijaga kondisinya, dilakukan perawatan, servis AC rumah dan kantor yang memadai, dan pembersihan secara berkala di jasa service AC. Hal itu bertujuan untuk membuat kinerjanya berfungsi optimal dan menyehatkan penggunanya. Pasalnya, AC yang tak dirawat dapat bekerja tak sesuai dengan Pengertian AC yang sesungguhnya.

FAMILY AC

Jalan Swadaya 2 No.36 Jatimulya
Tambun Selatan, Bekasi
Jawa Barat 17510
Indonesia